INFORMASI,SEMOGA BERMANFAAT

BEASISWA LUAR NEGRI

Photobucket

Kamis, 28 Februari 2013

DAFTAR BEASISWA KULIAH 2013

Info Lomba Menulis Tema "" keretamini.com pabrik kereta mini no 1. ready stock "  Berhadiah   Jutaan rupiah
 Info Lomba Menulis Tema "" JalanTikus.Com : Download Gratis, Aman dan Cepat "  Berhadiah   Jutaan rupiah

BEASISWA KULIAH 2013

Selasa, 26 Februari 2013

Beasiswa 2013 : program beasiswa Pemapan (Pemimpin Masa Depan) dari Yayasan Bhumiksara hingga tanggal 8 Maret 2013


MASIH terbuka peluang bisa mendapatkan program beasiswa Pemapan (Pemimpin Masa Depan) dari Yayasan Bhumiksara hingga tanggal 8 Maret 2013 ini. 
Yayasan Bhumiksara berkedudukan di Jakarta. Tahun 2013 ini, yayasan nirlaba katolik ini membuka Program Beasiswa untuk jenjang S-1.
-->
Namun berbeda dari program beasiswa tahun 2005 menyangkut soal jumlah dan wilayah jangkauan persebarannya, tahun ini dengan berbagai  pertimbangan Yayasan Bhumiksara  hanya membuka kesempatan beasiswa untuk angkatan pertama sebanyak 10 orang saja.
Beasiswa untuk 10 orang ini pun dibatasi hanya di 5 perguruan tinggi negeri yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Airlangga (UNAIR). Untuk masing-masing PT tersebut tersedia beasiswa hanya untuk 2 orang saja.
Pada tahun 2013 juga akan hanya diberikan beasiswa untuk 10 orang saja di lima PT tersebut. Untuk tahun 2014 dan 2015, hanya tersedia beasiswa untuk 9 penerima.
Pemapan
Program Beasiswa Pemapan (Pemimpin Masa Depan) bertujuan mempersiapkan para pemimpin muda yang unggul dalam kompetensi, berbela rasa, dan teguh dalam spiritualitas Kristiani.  Berbagai kompetensi yang diharapkan terbentuk dari calon penerima beasiswa Bhumiksara 2012 meliputi:
  • Punya jiwa kepemimpinan;
  • Memiliki kepedulian sosial;
  • Mampu menjalin hubungan dengan semua kalangan;
  • Bersemangatkan spiritualitas Kristiani.
Peserta program Beasiswa Bhumiksara “Pemapan” akan menerima beasiswa dalam bentuk sebagai berikut:
  • Bantuan dana pendidikan sebesar Rp 6.000.000 (enam juta rupiah) per semester;
  • Bantuan dana diberikan selama 8 (delapan) semester;
    Catatan  penting: penerima beasiswa  harus memenuhi persyaratan pada tiap semester mencakup:
  • Nilai indeks prestasi akademik tiap semester minimal 3.00;
  • Memenuhi standar penilaian dalam program pendampingan yang wajib diikuti, seperti terlibat dalam minimal dua kegiatan sosial yang dilaksanakan di dalam atau di luar kampus.
Selain dana pendidikan, penerima beasiswa juga akan mendapat program pendampingan selama dan setelah selesai kuliah. Pendampingan ini akan dilakukan oleh Yayasan Bhumiksara bekerjasama dengan para pastur kampus  dan pihak-pihak lain yang kompeten. Melalui program pendampingan, mahasiswa berkesempatan untuk mengenal dan belajar dari para tokoh masyarakat.

 Dua tahap seleksi
Proses seleksi bagi para kandidat pelamar program beasiswa Pemapan dari Yayasan Bhumiksara ini akan berlangsung dalam 2 tahapan.
  • Pertama adalah  seleksi administrasi dengan meneliti semua dokumen pemberkasan formulir yang telah diisi para calon dan telah masuk ke Yayasan;
  • Kedua adalah wawancara langsung dan tes.
Komponen administrasi yang menjadi perhatian penilaian adalah kemampuan akademik, jalur masuk PTN, kondisi ekonomi keluarga, asal daerah, prestasi yang dimiliki, kegiatan sosial yang diikuti, dan penilaian terhadap esai yang dibuat.
Para pelamar  yang dinyatakan lolos seleksi tahap I akan dipanggil untuk tes dan wawancara dan akan dilakukan di Jakarta (pelamar dari UI, ITB, IPB), Yogyakarta (pelamar dari UGM) dan Surabaya (pelamar dari UNAIR). Pada saat wawancara, peserta diminta membawa berkas untuk verifikasi isian formulir pendaftarannya serta berkas pendukung lainnya.
Mereka yang berpeluang mendapatkan program beasiswa Pemapan ini adalah dua kandidat dengan nilai tertinggi dari masing-masing universitas. Juga dengan perhatian khusus pada  kuota minimal 50% penerima beasiswa adalah perempuan.
Formulir pendaftaran dan pertanyaan berkaitan dengan program beasiswa Pemapan ini bisa diperoleh dengan mengirimkan email ke pemapan@gmail.com.
Formulir yang sudah diisi wajib dikirim kembali via email ke alamat yang sama.
Agenda program
    Tenggat waktu pendaftaran: masih terbuka hingga 8 Maret  2013
    Pengumuman seleksi Tahap I: 11 Maret 2013
    Tes dan wawancara: 16-24 Maret 2013
    Pengumuman final: 31 Maret 2013

Beasiswa 2013 : Program S1 Paramadina Fellowship 2013


Beasiswa 2013 : Program S1 Paramadina Fellowship 2013
Universitas Paramadina bekerjasama dengan para dermawan Indonesia untuk “keenam kalinya”, menawarkan beasiswa kepada siswa-siswi serta lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau sederajat yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik untuk mengikuti pendidikan (S-1) di Universitas Paramadina, pada Program Studi :
* Manajemen
* Falsafah dan Agama,
* Ilmu Komunikasi,
* Psikologi,
* Hubungan Internasional,
* Teknik Informatika,
* Desain Komunikasi Visual
* Desain Produk Industri
Kualifikasi
  • · Siswa kelas 3 atau lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau sederajat dari seluruh Indonesia.
    • · Siswa kelas 3 atau lulusan SLTA atau sederajat, dengan nilai rata-rata NEM/UAN, STTB, dan Raport Kelas I, II dan III, minimum 8,00.
  • · Tanggal lahir 1 Januari 1993 dan setelahnya.
  • · Aktif dalam kegiatan organisasi intra dan ekstra sekolah.
  • · Mampu berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.
  • · Tidak pernah terlibat tindak kriminal (penyalahgunaan narkotika dan miras, pemalsuan, pelecehan seksual dan tindakan asusila lainnya, serta tindak kekerasan). dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  • · Memahami dan menyetujui semua persyaratan dan ketentuan yang berlaku dalam program beasiswa ini **
**) Ketentuan yang berlaku :
  1. Penerima beasiswa harus menyelesaikan masa studi maksimum dalam kurun 4 tahun kalender akademik.
  2. Siswa yang tidak mendapatkan nilai IPK minimal 3,25 selama dua semester pada saat perkuliahan, dinyatakan gagal Dan tidak lagi memperoleh beasiswa untuk penyelesaian sisa masa studi.
  3. Siswa wajib memenuhi nilai non akademik minimal 60 poin dan rata-rata 15 poin per-tahun kalender akademik.
  4. Nominasi ini akan gugur dengan sendirinya apabila siswa/pendaftar dinyatakan tidak lulus UAN.
  5. Tidak sedang menerima beasiswa dari institusi lain.
  6. Selama menjalanai PF, tidak boleh menerima beasiswa lain.
  7. Selama menjalani PF, tidak diijinkan menikah.
Proses Pendaftaran
Formulir pendaftaran dapat diperoleh di Bagian Informasi Universitas Paramadina tanpa dipungut biaya atau dapat di download di sini. Formulir Pendaftaran yang sudah diisi diserahkan sebelum batas waktu yang ditentukan dengan disertai :
  • · Formulir pendaftaran yang sudah dilengkapi dan ditandatangani, bermaterai 6000 rupiah.
  • · Satu (1) foto berwarna 3 x 4 cm (ditempel pada kotak yang telah disediakan pada formulir pendaftaran).
  • · Satu Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah atau Tokoh Masyarakat, dan Satu (1) Surat Rekomendasi dari Guru SLTA atau sederajat, (gunakan format yang telah disediakan, dan masukkan ke dalam amplop tertutup). Surat Rekomendasi di dalamnya menyebutkan mengenai kepribadian, situasi ekonomi, kemampuan dan prestasi pendaftar, kondisi kesehatan (riwayat kesehatan), etika dan interaksi sosial pendaftar. Surat rekomendasi yang dikirim secara terpisah dengan formulir aplikasi tidak akan diproses. (Pemberi rekomendasi tidak memiliki hubungan keluarga dengan pendaftar).
  • · Essay yang berjudul Aku, Keluargaku dan Temanku dan Usaha Pencapaian Prestasiku.
  • · Copy sertifikat dari penghargaan atau prestasi yang pernah diterima (selama SMP dan SLTA).
  • · Satu (1) copy Kartu Tanda penduduk (KTP) yang berlaku.
  • · Satu (1) copy NEM SLTA yang dilegalisir (bagi lulusan SLTA)
  • · Satu (1) copy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang dilegalisir (bagi lulusan SLTA)
  • · Satu (1) copy Rapor Kelas 1, 2 dan 3 yang dilegalisir
  • · Surat keterangan tidak buta warna dari dokter (khusus pendaftar Desain Komunikasi Visual) dan tidak buta warna total (khusus pendaftar Desain Produk Industri)
  • · Satu (1) copy Kartu Keluarga
Catatan :
  • Formulir dan kelengkapan dokumen pendaftaran, dapat diserahkan langsung ke Universitas Paramadina (Senin – Jum’at, pukul 09.00 – 16.00 WIB dan Sabtu, pukul 09.00 – 13.00 WIB) atau dikirim melalui pos, ditujukan kepada:
Tim Panel Paramadina Fellowship 2013
Universitas Paramadina
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Jakarta, 12790
  • Kami tidak menerima pengumpulan formulir dan berkas pendaftaran melalui e-mail.
Batas Waktu Pendaftaran
Formulir pendaftaran (beserta seluruh dokumen) harus sudah diterima oleh Universitas Paramadina paling lambat Jum’at 12 April 2013
Nilai Beasiswa
Paramadina Fellowship 2013, mencakup pendanaan :
* Dana transportasi dari tempat asal menuju ke Universitas Paramadina.
* Biaya studi maksimal 4 tahun kalender akademik.
* Dana pendukung pra-kuliah sebesar Rp 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah).
* Tunjangan buku 1 juta rupiah per-semester.
* Biaya hidup (living allowance) sebesar Rp. 1.200.000 / bulan.** dan + 30% dari dana tersebut dikenakan untuk dana asrama.
* Disediakan asrama, wajib tinggal selama 2 tahun atau 4 semester berturut-turut.**
* Kemungkinan pelatihan dan magang selama studi, di perusahaan Donor.
* Peluang kesempatan kerja atau tawaran kerja dari Donor, setelah menyelesaikan studi S-1.
**) Keterangan :
  • · Penerima beasiswa dari wilayah Jabodetabek, juga berhak atas biaya hidup dan wajib tinggal di asrama.
  • · Pengelolaan asrama akan dibebankan pada masing-masing penghuni (dalam hal ini penerima PF) untuk melatih kemandirian dan lebih bertanggungjawab.
Informasi
Untuk memperoleh informasi Paramadina Fellowship 2013,
Sdri. Lina & Leo
Telp. +62 21 7918 1188 Ext. 888/200
Sdri. Muna Pratiwi
Koordinator Fellowship
Telp. +62 21 7918 1188 Ext. 232/23
Universitas Paramadina
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
Telp. +62 21 7918 1188
Fax. +62 21 799 3375
Sumber informasi : http://info-pendidikan.com/beasiswa/beasiswa-program-s1-paramadina-fellowship-2013/

Beasiswa 2013 : 4 Beasiswa Studi ke Belanda


Beasiswa 2013 : 4 Beasiswa Studi ke Belanda
JAKARTA, KOMPAS.com  Ingin melanjutkan studi ke Belanda? Jawabnya, “banyak jalan menuju Roma”. Selain dengan biaya sendiri, cita-cita untuk melanjutkan studi di Negeri Kincir Angin itu bisa diperoleh dengan mengikuti sejumlah program beasiswa yang ditawarkan, baik oleh Pemerintah Belanda maupun Nuffic Neso Indonesia bersama universitas-universitas di Belanda.
Jika Anda berminat melanjutkan studi di Belanda, maka setidaknya masih ada kesempatan untuk meraih empat beasiswa studi ke Belanda. Apa saja?
1. Beasiswa StuNed
Beasiswa kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Belanda ini menawarkan beasiswa untuk jenjang S-2, short course, ataupun pelatihan khusus bagi kelompok tertentu atau Tailor-Made Training. Setiap tahun, menurut Nuffic Neso, ada 200-250 mahasiswa Indonesia yang berangkat dengan beasiswa ini sejak diluncurkan pada 2000.

Pendaftaran beasiswa StuNed untuk tahun akademis 2013 telah dibuka sejak Januari 2013. Sementara itu, tenggat waktunya berakhir dengan jadwal berbeda. Pendaftaran aplikasi program short courseperiode Juli-Desember 2013 berakhir pada 1 Maret 2013, sementara program short course periode Januari-Juni 2014 pada 1 Oktober 2013. Aplikasi program S-2 ditunggu paling lambat 15 Maret 2013.
Beasiswa StuNed mengharuskan kandidat sedang bekerja dan memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun di instansi terakhir serta kemampuan bahasa Inggris yang baik, dibuktikan dengan skor IELTS min 6 atau internet-based TOEFL 80.
2. Beasiswa NFP
Beasiswa Netherlands Fellowship Programme (NFP) ditujukan khusus bagi warga negara berkembang di dunia, termasuk Indonesia, untuk program S-2, S-3, dan short-course. Para pelamar perlu memerhatikan persyaratan berikut ini, yaitu pengalaman bekerja akumulatif minimal 3 tahun.

Pendaftaran gelombang pertama beasiswa NFP yang dibuka pada tanggal 30 November 2012 telah ditutup pada tanggal 5 Februari lalu. Namun, pendaftaran gelombang berikutnya akan kembali dibuka pada 1 Maret 2013 dan ditutup pada tanggal 7 Mei 2013.
3. Beasiswa OTS
Beasiswa Orange Tulip (OTS) merupakan kolaborasi Nuffic Neso Indonesia dengan institusi pendidikan tinggi Belanda dan perusahaan swasta, seperti Air France KLM, serta Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Saat ini, ada 40 beasiswa untuk program Foundation (persiapan), S-1, S-2, dengan total pendanaan melebihi 400.000 euro atau senilai Rp 5 miliar.

Pelamar yang berminat perlu mendaftar terlebih dulu ke universitas di Belanda. Namun untuk mendaftar beasiswa ini, tak perlu menunggu sampai pendaftar memiliki surat penerimaan atau letter of acceptancedari universitas yang dituju. Pendaftaran beasiswa OTS akan ditutup pada tanggal 1 Mei 2013.
4. Beasiswa DIKTI-PhD Special Channel
Nah, program beasiswa yang merupakan kerja sama dari DIKTI dan Nuffic Neso Indonesia ini bertujuan untuk menyediakan bantuan finansial bagi dosen tetap, calon dosen, dan tenaga kependidikan di lingkungan Kemdikbud untuk mengikuti program doktoral di Belanda.

Pendaftaran beasiswa ini dibuka sepanjang tahun oleh DIKTI. Seleksi dan keberangkatan peserta akan dilakukan tiga kali dalam setahun oleh DIKTI. Khusus untuk beasiswa ini, informasi lengkapnya bisa dilihat melalui laman resmi Nuffic Neso Indonesia.
Jadi, tertarik untuk melanjutkan studi ke Belanda dengan beasiswa? Segeralah mempersiapkan diri. Namun, yang paling penting, kandidat perlu memastikan minatnya terhadap program studi yang akan dituju.
“Untuk mendapatkan beasiswa, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan program studi apa yang ingin diambil, kemudian mencari apakah program studi yang diminati tersebut ditawarkan di Belanda. Jika memang ada, segeralah mendaftar ke universitas tujuan karena salah satu persyaratan untuk diikutkan dalam proses seleksi beasiswa adalah sudah diterima di institusi pendidikan tinggi di Belanda,” ujar Student Counsellor di Nuffic Neso Indonesia, Inty Dienasari.

Beasiswa 2013 : Beasiswa S-2 Transportasi di Inggris


Beasiswa 2013 : Beasiswa S-2 Transportasi di Inggris
JAKARTA – Institute for Transport Studies (ITS) di University of Leeds, Inggris, membuka peluang beasiswa magister (S-2) bagi pelajar internasional dalam studi tentang transportasi. Beasiswa yang diberikan senilai 7.500 poundsterling atau sekira Rp110,45 juta (Rp14.727 per poundsterling) untuk tahun ajaran 2013/2014, September mendatang. 

Beasiswa ini merupakan bagian dari misi ITS untuk mengembangkan pemahaman tentang transportasi global, melalui pengembangan kemampuan dan praktik terbaik. Sangat disarankan, para penerima beasiswa nantinya akan kembali ke negara mereka usai studi dan menerapkan keahlian mereka di area transportasi yang membutuhkan. 

Bantuan biaya studi tersebut ditawarkan dalam lima konsentrasi studi, MA Transport Economics, MSc Sustainability (Transport),  MSc Transport Planning, MSc Transport Planning dan Environment and MSc (Eng) Transport Planning and Engineering. Semua bidang kajian tersebut dapat diambil di University of Leeds, Inggris. 

Pelamar haruslah memiliki gelar sarjana yang setara dengan gelar sarjana kelas pertama atau kedua di Inggris dan sudah diterima sebagai mahasiswa pascasarjana di ITS. Pelamar juga harus mendapat status "pelajar internasional" dari University of Leeds serta tidak berdomisili di negara anggota Uni Eropa.  Demikian seperti dikutip dari laman University of Leeds, Selasa (26/2/2013).

Selain formulir pendaftaran beserta kelengkapannya, berkas lamaran juga berisikan surat pernyataan sepanjang 500 kata tentang bagaimana gelar Master dari ITS - University of Leeds dapat membantu kandidat membuat perubahan, khususnya dalam menangani isu atau masalah dalam bidang transportasi di negara mereka secara signifikan. Berkas lamaran dapat dikirimkan secara elektronik (e-mail) maupun pos sebelum 13 Juni 2013. Informasi lengkap tentang beasiswa ini dapat disimak di laman ITS - University of Leeds, Inggris.(rfa)


Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2013/02/26/368/767614/beasiswa-s-2-transportasi-di-inggris

Selasa, 19 Februari 2013

Beasiswa 2013 : Program Bantuan Pendidikan Sampoerna Academy SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogor


Program Bantuan Pendidikan Sampoerna Academy
SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogor
Pendidikan Bertaraf Internasional Berasrama
Tahun Akademis 2013/2016

Tentang SMA Sampoerna (Sampoerna Academy) Kampus Bogor, Journey Bersama Sampoerna Academy & Program Bantuan Pendidikan Sampoerna Academy
SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogordidirikan sebagai bentuk upaya Putera Sampoerna Foundation untuk dapat memenuhi kebutuhan Indonesia akan adanya pendidikan bertaraf internasional yang berkualitas dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.
Setelah lulus dari sekolah ini, diharapkan nantinya siswa dapat menjadi calon pemimpin masa depan Indonesia yang kompeten, berwawasan internasional dan bermoral, melalui program pendidikan holistik yang bertaraf internasional dan pendidikan asrama. Kombinasi antara kurikulum internasional dari Cambridge University (IGCSE) dan kurikulum nasional (KTSP), didukung oleh pendidikan asrama (boarding education) merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh sekolah ini. Siswa akan tinggal di asrama yang disediakan oleh sekolah, sehingga waktu yang tersedia dapat membuat siswa mempunyai nilai-nilai toleransi dan menghormati perbedaan, jiwa sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitar, tanggung jawab terhadap diri sendiri, nasionalis dan patriotik terhadap negara, berbudi luhur, berintegritas, berjiwa kepemimpinan yang baik, dan jujur.
Selain itu, siswa juga akan mendapatkan pelatihan-pelatihan yang akan berguna bagi siswa setelah mereka lulus dari sekolah ini, seperti life skills (kecakapan hidup), program kepemimpinan, program pelayanan masyarakat, pelatihan keuangan bagi siswa, dan lain-lain.
Siswa SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogor merupakan siswa terbaik yang dipilih dari seluruh wilayah Indonesia. Diharapkan para siswa dapat saling berinteraksi dengan latar belakang yang berbeda, sesuai dengan nilai-nilai yang tersebut di atas.
Adapun keunggulan lain dari sekolah ini adalah penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi dan TIK/ICT. Kemampuan berbahasa Inggris akan sangat membantu setiap siswa dalam mengikuti proses pembelajaran mata pelajaran tersebut, tetapi bukan syarat mutlak untuk mendaftar.
Untuk menunjang pendidikan di sekolah serta asrama, terdapat sarana dan prasarana yang dapat dimanfaatkan oleh siswa di SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogor, yaitu:
  • Lingkungan sekolah yang nyaman, rindang dan asri
  • Ruang belajar yang dilengkapi dengan multimedia
  • Laboratorium Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Bahasa / Multilab
  • Pembelajaran di luar ruang (Outdoor Learning)
  • Ruang Multimedia
  • Ruang Perpustakaan
  • Ruang Kesenian
  • Musholla
  • Ruang Unit Kesehatan Sekolah
  • Lapangan basket, voli, dan futsal
  • Kantin, Koperasi Siswa, dan fotokopi
  • Green House, Kumbung Jamur
  • Asrama yang terdiri dari ruang tidur,ruang makan, jaringan internet.
Journey Bersama Sampoerna Academy
Sampoerna Academy menawarkan sistem jalur pendidikan yang terarah yang terangkum dalam program (3 + 2) yaitu program 3 tahun bersama Sampoerna Academy untuk menyelasaikan pendidikan setaraf SMA dan 2 tahun bersama USBI (Universitas Siswa Bangsa Internasional) untuk program pendidikan tinggi dengan kurikulum Amerika.

Dengan mendaftar di Sampoerna Academy, putra/i anda secara langsung terdaftar untuk Program berbahasa Ingrris dengan system transfer credit AIMS (American Indonesia Mobility Strategy) dari Lonestar College selama 2 tahun setelah menyelesaikan 3 tahun pendidikannya di Sampoerna Academy; dimana setelah program selesai akan mendapatkan Associate Degree dari Amerika yang diakui dan diterima di universitas terbaik di Amerika dengan biaya yang terjangkau bagi yang ingin melanjutkan ke Amerika.
Program Bantuan Pendidikan Sampoerna Academy
Program Bantuan Pendidikan Sampoerna Academy di SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogor, untuk tahun ajaran 2013/2016 adalah dukungan dari PuteraSampoerna Foundation bagi maksimal 180 orang siswa untuk masa studi selama 3 tahun. Pemilihan dilakukan berdasarkan kemampuan dan potensi siswa.

Bantuan pendidikan tersebut mencakup :
  1. Biaya pendidikan
  2. Biaya tempat tinggal dan makan di asrama
  3. Buku pelajaran
  4. Tunjangan kesehatan
  5. Seragam
Pengertian Bantuan Pendidikan di Sampoerna Academy
Bantuan Pendidikan adalah bantuan pembiayaan pendidikan untuk menempuh pendidikan setingkat SMA selama 3 tahun di Sampoerna Academy yang diberikan kepada siswa/i Indonesia yang berprestasi dengan latar belakang ekonomi menengah kebawah dimana mereka akan diminta untuk berkontribusi kembali kepada Negara melalui Koperasi Siswa Bangsa (KSB) ketika mereka sudah produktif dengan cara membantu membiayai satu siswa/i Sampoerna Academy untuk waktu dan ketentuan yang telah ditetapkan dan disetujui oleh siswa/i penerima bantuan pendidikan tersebut bersama KSB.

Program ini dimaksudkan untuk kelangsungan pembiayaan pendidikan untuk siswa/i Indonesia berprestasi dari latar belakang ekonomi menengah ke bawah sehingga mereka bisa mengeyam pendidikan berkualitas dan mendapatkan kesempatan untuk masa depan yang lebih baik.
Persyaratan Umum Pengajuan Program Bantuan Pendidikan
  • Warga Negara Indonesia usia 14 – 16 tahun
  • Syarat Akademis. Memiliki nilai akademik rata-rata minimum 8.0 dari semester 1 sampai dengan semester 5 (kelas 7 – 9)
  • Syarat Non-akademis: keikutsertaan dalam organisasi, kegiatan sosial dan/atau prestasi lainnya.
  • Berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi menengah kebawah
  • Mempunyai prestasi akademik atau non – akademik tingkat Propinsi (dibuktikan dengan foto copy sertifikat)
  • Bersedia menandatangani perjanjian kontribusi
Persyaratan Dokumen
  • Formulir aplikasi yang sudah diisi lengkap
  • Formulir referensi yang sudah diisi oleh Kepala Sekolah dan Guru
  • Pas Foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 buah
  • Fotokopi Rapor (lengkap) SMP dari semester 1 sampai dengan semester 5 (kelas 7 – 9)
  • Fotokopi Kartu Keluarga & KTP Orang Tua (Bapak & Ibu) / Wali
  • Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan setempat.(apabila ada)
  • Fotokopi rekening listrik atau bukti pembayaran sewa rumah tiga bulan terakhir atau Surat Keterangan Penghasilan (slip gaji)Fotokopi ijasah atau sertifikat kursus Bahasa Inggris, bukti keanggotaan suatu organisasi atau perkumpulan, penghargaan lain bisa dilampirkan (opsional)
Proses Pendaftaran Siswa
  1. Isi formulir aplikasi: “Formulir Aplikasi Siswa”.Formulir harus diisi dengan menggunakan tinta hitam dan dalam huruf cetak.
    • Bagian A & B diisi oleh Siswa. Pastikan semua bagian diisi dengan lengkap dan benar.
    • Bagian C diisi oleh Orang Tua atau Wali. Pastikan semua bagian diisi, seperti pekerjaan orang tua, alamat serta nomor telepon Orang Tua atau Wali yang dapat dihubungi.
    • Bagian D (Informasi Kesehatan) diisi oleh Siswa dengan diketahui dan ditandatangani oleh Orang Tua atau Wali.
    • Bagian E (Rekomendasi Kepala Sekolah) diisi secara terpisah oleh Kepala Sekolah dari sekolah yang bersangkutan. Bila lembaran yang tersedia tidak mencukupi, silahkan menambahkan di lembaran terpisah.
    • Bagian F (Rekomendasi Guru) diisi secara terpisah oleh Guru dari sekolah yang bersangkutan. Bila lembaran yang tersedia tidak mencukupi, silahkan menambahkan di lembaran terpisah.
    • Bagian G (Formulir Kondisi Ekonomi Siswa) diisi oleh Orang Tua atau Wali. Pastikan semua bagian diisi dengan dilengkapi dokumen penunjang.
    Isian dari Bagian E dan Bagian F tidak boleh diketahui oleh Siswa dan Orang Tua / Wali. Pengisian formulir yang tidak lengkap atau tidak jelas akan mengakibatkan Siswa dianggap gugur.
  2. Lampirkan hal-hal berikut ini:
    • Fotokopi Rapor (lengkap) SMP dari semester 1 sampai dengan semester 5 (kelas 7 – 9)
    • Fotokopi Kartu Keluarga dan Fotokopi KTP Orang Tua (Bapak & Ibu) / Wali
    • Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 buah
    • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan setempat (apabila ada)
    • Fotokopi rekening listrik atau bukti pembayaran sewa rumah tiga bulan terakhiratau Surat Keterangan Penghasilan (slip gaji)
    • Fotokopi ijasah atau sertifikat kursus Bahasa Inggris, bukti keanggotaan suatu organisasi atau perkumpulan, penghargaan lain bisa dilampirkan (jika ada)
  3. Pastikan semua formulir aplikasi sudah ditandatangani di tempat yang disediakan.
  4. Masukkan formulir (Bagian A, B, C, D dan G) yang sudah diisi, formulir rekomendasi (Bagian E dan F) untuk dilengkapi oleh Kepala Sekolah dan Guru, beserta lampiran-lampirannya ke amplop besar (jangan dilipat) dan tuliskan dengan jelas nama Siswa, nama SMP dan alamat SMP di sudut kiri atas bagian depan amplop.
  5. Semua formulir diserahkan ke Kepala Sekolah yang akan menambahkan Bagian E (Rekomendasi Kepala Sekolah) dan Guru yang akan menambahkan Bagian F (Rekomendasi Guru) yang sudah dilengkapi untuk masing-masing Siswa.
  6. Semua formulir aplikasi (Bagian A s/d G) dan lampiran-lampirannya dikirimkan oleh Kepala Sekolah ke alamat berikut:
    Komite Seleksi Bantuan Pendidikan
    SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogor
    d/a Kinasih Resort
    Jl. Raya Sukabumi KM 17
    Caringin – Bogor 16730
  7. Selama masa penyeleksian, Siswa dan Orang Tua / Wali tidak diperkenankan untuk menghubungi Komite Seleksi Program Bantuan Pendidikan Sampoerna Academy maupun anggota-anggota tim penyeleksi secara langsung. Pelanggaran atas peraturan ini dapat mengakibatkan Siswa dinyatakan gugur. Bila Siswa mempunyai pertanyaan mengenai sekolah, program Bantuan Pendidikan dan lainnya bisa disampaikan ke Kepala Sekolah yang bersangkutan untuk diteruskan ke Komite Seleksi Bantuan Pendidikan Program Sampoerna Academy.
  8. Formulir harus diterima paling lambat tanggal 15 Maret 2013
  9. Komite Seleksi Bantuan Pendidikan Program Sampoerna Academy akan memberitahukan daftar pelajar yang sukses untuk mengikuti tahap penyeleksian berikutnya ke masing-masing Kepala Sekolah yang akan menghubungi Siswa yang bersangkutan.
Jadwal Seleksi
  1. Registrasi 15 Maret 2013 Batas waktu formulir aplikasi beserta semua dokumen pendukung diterima oleh Komite Seleksi Bantuan Pendidikan, tidak berdasarkan cap pos.
  2. Proses Seleksi
    1. Minggu IV Maret Pengumuman hasil proses seleksi dokumen
    2. Minggu I April Tes Tulis, Wawancara Panel & Diskusi
  3. Pengumuman Minggu IV April Pemberitahuan pemenang Bantuan Pendidikan
Download:
Keterangan Lebih Lanjut
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai program Bantuan Pendidikan Sampoerna Academy di SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogor dan prosedur pendaftarannya, silakan kunjungi situs kami www.sampoernafoundation.org/sampoerna-academy/ atau di nomor telepon: 0251 8220607 (Senin s/d Sabtu, jam 9:00 s/d 17:00 WIB).

Sumber : http://scholarshipsbank.com/beasiswa-sma-sampoerna-academy-bogor-putera-sampoerna-foundation/