INFORMASI,SEMOGA BERMANFAAT

BEASISWA LUAR NEGRI

Photobucket

Senin, 28 Januari 2013

Beasiswa Kuliah S-1 di Singapura Gratis

AKARTA - Pada pertemuan tingkat tinggi ASEAN 1998 lalu, Perdana Menteri Singapura yang saat itu menjabat, Goh Chok Tong, meluncurkan program Beasiswa Singapura.  Beasiswa akan diberikan kepada para pelajar dari negara-negara anggota ASEAN, kecuali Singapura, untuk menempuh studi sarjana (S-1) di tiga perguruan tinggi di Negeri Singa tersebut. 

Program ini dapat diikuti hampir di seluruh bidang studi, kecuali ilmu-ilmu medis, kedokteran gigi, arsitektur dan hukum. Penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan studi selama tiga hingga empat tahun tergantung program studi yang diambilnya. 

Beasiswa diberikan berdasarkan prestasi akademik dan proses seleksi ketat. Jika diperlukan, biaya program matrikulasi satu tahun juga akan diberikan. Program ini juga tidak mengikat seperti ikatan dinas. Bahkan, setelah lulus nanti, para penerima beasiswa diharapkan dapat kembali ke negara masing-masing untuk membangun negara mereka. Demikian seperti dilansir laman Singapore Cooperation Program, Senin (28/1/2013). 

Pelajar Indonesia yang berminat pada beasiswa ini haruslah lulus Ujian Nasional (UN) dan memiliki nilai rapor rata-rata yang baik selama tiga tahun di SMA/sederajat. Selain prestasi akademik yang bagus, kandidat juga harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Pelamar juga harus memenuhi persyaratan masuk yang ditetapkan oleh Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS) dan Singapore Management University (SMU). 

Penerima beasiswa akan mendapatkan biaya kuliah dan biaya kehidupan sehari-hari meliputi biaya makan, transportasi, buku teks dan keperluan kuliah lainnya senilai 4.300 dolar Singapura atau setara dengan Rp33.5 juta (Rp7.808,5 per dolar Singapura). Sebagai tambahan, biaya akomodasi juga akan ditanggung pemberi beasiswa sesuai harga sewa kamar di masing-masing kampus. 

Scholars juga akan menerima satu tiket kelas ekonomi dari negara asal ke Singapura. Namun, pemerintah Singapura tidak menanggung biaya tambahan yang dikeluarkan selama perjalanan. 

Butuh informasi lebih lengkap? Silakan menghubungi:

Singapore Scholarship
c/o Technical Cooperation Directorate
Ministry of Foreign Affairs
Tanglin
Singapore 248 163
Tel: (65) 6379 8000
Fax: (65) 6479 3357
Email: mfa_scp@mfa.gov.sg 

atau kunjungi laman Singapore Cooperation Program. Pendaftaran beasiswa ini ditutup pada 5 Februari 2013.(rfa)

Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2013/01/28/368/752614/redirect

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar