INFORMASI,SEMOGA BERMANFAAT

BEASISWA LUAR NEGRI

Photobucket

Jumat, 20 Juli 2012

Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) menyediakan kesempatan kuliah gratis bagi calon mahasiswa lulusan pesantren.

INILAH.COM, Bandung - Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) menyediakan kesempatan kuliah gratis bagi calon mahasiswa lulusan pesantren.

Ikopin telah menandatangani nota kesepahaman kerja sama bantuan pendidikan dengan Eka Tjipta Foundation (ETF) yang berlangsung di Kampus Ikopin Jatinangor, Sumedang.

“Kesepakatan ini memungkinkan para lulusan pesantren yang berpotensi dan memenuhi syarat akademik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di sini,” ujar Ketua Umum ETF G Sulistiyanto saat ditemui wartawan di kampus Ikopin, Jumat (13/7/2012).

Sulistiyanto mengatakan melalui kesepakatan ini sebanyak 20 orang siswa lulusan pesantren yang setara dengan sekolah menengah atas (SMA) mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang Studi Manajemen Strata-1 di Ikopin. “Tentunya dengan berbekal bantuan pendidikan ini mereka dapat menuntaskan studinya secara gratis,” ujarnya.

Dia mengatakan ETF selama ini fokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran nasional. Dia menilai kesepakatan ini akan membuka akses yang lebih luas bagi para siswa berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi (PT).

“Kami ingin akses ke PT semakin terbuka lebar bagi setiap siswa sekolah menengah yang berpotensi, dari jalur pendidikan manapun,” ujarnya.

Dia berharap kegiatan ini mampu meningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang nantinya akan mampu berkontribusi positif pada Kebijakan Industri Nasional.

“Tidak hanya itu, selain pemberdayaan infrastruktur pendidikan, fokus ETF dalam peningkatan akses pendidikan dapat dilihat melalui sejumlah inisiasi seperti mengelola sebanyak 146 sekolah dari tingkat usia dini hingga menengah atas di sekitar perkebunan sawit yang dikenal dengan sebutan sekolah kebun dan melibatkan sekitar 1.000 orang guru, serta serangkaian program beasiswa, yang satu di antaranya, yaitu Tjipta Sarjana Bangun Desa hingga kini telah menjangkau 2.122 orang mahasiswa dari puluhan perguruan tinggi di Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, Rektor Ikopin Burhanudin Abdullah mengungkapkan rasa terima kasihnya pada ETF yang berkenan membantu atas kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya Ikopin.
“Mudah-mudahan kerja sama yang kami jalan antara Ikopin dengan ETF dapat berkelanjutan serta berlangsung dengan baik,” tuturnya.

Menurutnya, dengan adanya bantuan beasiswa seperti ini mampu menarik minat masyarakat untuk kuliah di Ikopin. “Memang dalam tahun ini tidak ada penurunan minat calon mahasiswa yang cukup signifikan di Ikopin, tapi masih tetap stagnan. Oleh karena itu, dengan adanya bantuan-bantuan seperti ini kami akan lebih serius dalam menangani Ikopin,” jelasnya.[jul]

Sumber : http://www.inilahjabar.com/read/detail/1882300/lulusan-pesantren-bisa-kuliah-gratis-di-ikopin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar