INFORMASI,SEMOGA BERMANFAAT

BEASISWA LUAR NEGRI

Photobucket

Senin, 03 Desember 2012

BEASISWA POLITEKNIK MANUFAKTUR ASTRA TAHUN AKADEMIK 2013/2014

BEASISWA
POLITEKNIK MANUFAKTUR ASTRA
TAHUN AKADEMIK 2013/2014
I. PENDAHULUAN
Dalam rangka ikut serta mencerdaskan anak bangsa dan mendorong kemajuan industri di Indonesia melalui penciptaan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, PT Astra International Tbk melalui Politeknik Manufaktur Astra memberikan Beasiswa Prestasi Astra kepada putra/putri lulusan tahun 2013 dari SMA/SMK sederajat, dengan sasaran untuk mengembangkan kualitas program pendidikan Diploma 3 Politeknik Manufaktur Astra, dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas global dan membantu menunjang kemajuan industri.
Program Beasiswa Prestasi Astra ini diharapkan dapat membantu pembiayaan studi bagi siswa yang berprestasi secara akademis tetapi mengalami kendala pembiayaan. Program beasiswa ini akan dikelola oleh Politeknik Manufaktur Astra.
II. TUJUAN PROGRAM BEASISWA
Memberikan kesempatan kepada masyarakat yang berprestasi secara akademis tetapi mengalami kendala ekonomi dan atau geografis dalam memperoleh pendidikan tinggi. Program ini diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berpotensi untuk berperan aktif mencerdaskan anak bangsa.
III. BENTUK BEASISWA
Program Beasiswa Prestasi Astra ini terdiri dari 2 jenis yaitu Program Beasiswa Penuh dan Program Beasiswa Unggulan, dengan penjabaran sebagai berikut :
1. Program Beasiswa Penuh, diberikan dalam bentuk bebas biaya kuliah selama 3 (tiga) tahun dan pemberian uang saku bagi mahasiswa yang bersangkutan setiap bulannya. Besarnya uang saku ditentukan oleh Surat Keputusan Direktur Politeknik Manufaktur Astra. Politeknik Manufaktur Astra akan melakukan evaluasi terhadap pemberian beasiswa di tiap semester dan berhak melanjutkan atau memberhentikan pemberian Program Beasiswa Prestasi sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
2. Program Beasiswa Unggulan, diberikan kepada calon penerima beasiswa yang telah ikut dalam proses seleksi Program Beasiswa Penuh dan lolos seleksi sampai dengan tahap Psikotes dan Wawancara, akan tetapi karena keterbatasan kuota tidak masuk pada Program Beasiswa Penuh. Program Beasiswa Unggulan diberikan dalam bentuk bebas uang sumbangan pendidikan.
IV. SELEKSI DAN NOMINASI CALON PENERIMA BEASISWA
Tujuan utama dari proses seleksi calon penerima beasiswa adalah untuk memastikan pemberian Beasiswa Prestasi Astra ini tepat sasaran. Keberhasilan dari program beasiswa ini bukan terserapnya dana yang telah dialokasikan, akan tetapi tercapainya bantuan pembiayaan studi bagi mahasiswa yang betul-betul memerlukan.
Seleksi terhadap calon penerima beasiswa akan dilakukan di Kampus Politeknik Manufaktur Astra dan di tempat-tempat di luar Kampus yang telah ditunjuk oleh Politeknik Manufaktur Astra.
Tahap-tahap seleksi adalah sebagai berikut :
1. Tahap 1 : Seleksi Administratif
2. Tahap 2 : Psikotes
3. Tahap 3 : Wawancara
4. Tahap 4 : Tes Kesehatan
Setiap tahapan seleksi berlaku sistem gugur. Seluruh pengumuman proses seleksi dilakukan melalui website www.polman.astra.ac.id.
Persyaratan umum :
1. Warga Negara Indonesia, usia maksimal 19 tahun1, dibuktikan dengan fotokopi akta kelahiran.
2. Lulusan SMA/SMK (dibuktikan dengan ijazah/surat tanda lulus saat registrasi akademik);
3. Lulusan tahun 2013 atau saat ini sedang menempuh kelas XII;
4. Lebih diutamakan siswa SMA jurusan IPA, SMK bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, serta bidang keahlian Teknologi Informasi;
5. Sehat jasmani (tidak menderita penyakit yang terkait paru-paru, hati dan jantung) dan rohani serta tidak buta warna. Untuk pilihan Konsentrasi Teknik Otomotif (TO) dan Teknik Alat Berat (TAB), tidak memiliki masalah indra pendengaran, khusus untuk TAB, lebih diutamakan laki-laki, dan memiliki tinggi badan minimum 160 cm;
6. Penghasilan orangtua total maksimal Rp 3.000.000,- dibuktikan dengan fotokopi surat keterangan penghasilan orang tua atau pernyataan penghasilan orangtua;
7. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir;
8. Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terakhir;
9. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah;
10. Fotokopi rapor semester 1 s/d 4 kelas X dan Xl rata rata 7,5 (Matematika, Fisika, Bahasa Inggris), tidak ada nilai di bawah 7,5;
11. Tidak sedang atau akan mendapat beasiswa dari sumber lain.
12. Fotokopi identitas diri (Kartu Pelajar/KTP/SIM)
Persyaratan administrasi ini menjadi acuan utama untuk proses selanjutnya.
Peserta yang tidak memenuhi persyaratan umum akan digugurkan dari proses seleksi.
Formulir Beasiswa Prestasi Astra dapat diunduh di www.polman.astra.ac.id mulai 5 Oktober 2012. Formulir yang sudah diisi lengkap beserta lampiran persyaratan lainnya dikirimkan ke alamat :
Panitia Program Beasiswa Prestasi Astra
Politeknik Manufaktur Astra
Kampus: Komplek Astra International Gedung B Lt. 5
Jl. Gaya Motor Raya No. 8 Sunter II, Jakarta Utara 14330
Batas Akhir Penerimaan
Formulir permohonan beasiswa harus sudah diterima panitia PMB di Politeknik Manufaktur Astra selambat-lambatnya tanggal 4 Januari 2013.
Jumlah Penerima Beasiswa Prestasi Astra
  • Penerima Beasiswa Penuh tahun akademik 2013/2014 berjumlah maksimal 82 orang.
  • Penerima Beasiswa Unggulan tahun akademik 2013/2014 berjumlah maksimal 28 orang.
  • Beasiswa Penuh dan Unggulan hanya akan diberikan kepada peserta yang memenuhi kriteria dan lolos seleksi.
Download File :
  • Agenda Beasiswa Prestasi Astra Tahun Akademik 2013/2014 : Klik Disini
  • Kerangka Acuan Program Beasiswa Prestasi Astra Tahun Akademik 2013/2014 :Klik Disini
  • Formulir Beasiswa Prestasi Astra Tahun Akademik 2013/2014 : Klik Disini
  • Suplemen Brosur Tahun Akademik 2013/2014 : Klik Disini
Info selengkapnya dapat dilihat di laman :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar